Sunday, December 2, 2012

Pemakaian Jilbab Dari Masa ke Maksa



            Emang udah kodratnya kalo manusia itu selalu berkembang dari waktu ke waktu. krupuk aja kalo didiemin bakal melempem, apalagi dengan tren dan ide manusia *terus apa hubungannya kakak?*. Nah, kali ini yang bakalan kita bahas adalah tren jilbab dari masa ke maksa. Mulai dari masa jilbab masih disebut jilbab, hingga jilbab lebih populer sama bocah bocah belah tengah dinamain hijab. Ini adalah observasi saya dari tahun ke tahun, dari jamannya Kamelia Malik lagi naik daun sampe’ jaman Zayn Malik lagi naik(in tubuh temannya). 
source : facebook.com

1990an:
Ditahun ini, para perempuan pemakai jilbab sangat tertutup rapi. Ibarat makanan, mereka itu kayak kaleng Khong Guan yang masih disegel dengan rapat. Memang sih masih jarang yang pake jilbab, tapi kalo ada yang pake pun kebanyakan berbaju terusan dan pantang untuk menonjolkan anggota tubuh. Yang bikin Saya bingung dimasa ini adalah kalo tubuhnya bongsor gedhe dan pantang menonjolkan anggota tubuh terus baju yang dipake seberapa yah? Hmmmmm.... hanya Pretty Asmara yang sanggup menjawabnya.
2000an:
Nah diera yang katanya millenium ini, banyak perubahan dalam hal berbusana hijab. Lebih sering terlihat yang pake two pieces pada periode busana kali ini. Tampilan two pieces tersebut dipadukan dengan kerudung yang bentuknya sudah mulai beragam. Namun masih malu malu kucing buat nampilin setiap lekuk anggota tubuhnya. Iyah ini ngomongin busana jilbab, bukan baju renang kok. :)
2012an:
Nah, kalo yang era ini atau lebih tepatnya era sekarang makin buanyak lagi varian-variannya. Ada yang pake legging tapi masih maksa digabungin pake jilbab. Belum lagi tambahan aksesoris di jilbabnya seperti poni yang menyembul kedepan. Aksesoris poni tersebut dimaksudkan sebagai pengganti cepol atau kerpus. Jilbabnyapun lebih portabel dan fleksibel, bisa dilepas dengan mudah kalo sedang membutuhkan.
2020an:
Di era ini Saya memprediksikan akan lebih berani kepada pemakainya. Jika sebelumnya legging yang dipake untuk busana bawahan. Mungkin kali ini bisa hotpants dan dipadukan dengan ucansee atau crop tee bergambar terngkorak. Untuk jilbab, mungkin tidak ada banyak perubahan namun konsep “fleksibel jilbab” masih tetap membahana untuk dipakai. Jangan lupa untuk sepatu bisa memilih boots tinggi biar lebih nge-hype.
2030an:
Jujur buat tahun ini Saya gak ada gambaran nih buat era yang satu ini. Kalo ada ide mungkin bisa di mention ke Mamah Dedeh :)

 (frd/)