Thursday, August 9, 2012

Rapor Batman dari Masa ke Masa


Sudah lebih dari 2 dekade film Batman memanjakan para penggemarnya di layar lebar. Melalui debut pertama film mereka yaitu Batman : The Movie (1989), sekuel Batman ini cukup memberikan angin segar pada dunia perfilman Hollywood khususnya di tema superhero movie. Film ini sebenarnya diterlalu jauh berbeda dengan serial batman yang ada di televisi pada masa itu. Di sekuel perdananya ini, Batman : The Movie memperoleh angka 7.6 penilaian bintang di situs imdb. Pada tahun 1992, sutradara yang sama dengan Batman : The Movie, Tim Burton merilis sekuel Batman : The Movie dengan judul Batman Returns. Michael Keaton tetap menjadi andalan Tim Burton dalam memainkan karakter Bruce Wayne dan Batman. Film yang memperoleh 7.0 penilaian di situs imdb ini, agaknya mengalami sedikit perubahan pada segi kostum Batmannya. Kostum Batman Returns terlihat lebih kokoh dan segar dibanding dengan kostum film pendahulunya.
            Batman Forever (1995) adalah film pertama karya sutradara Joel Schumacher di debut sekuel Batman. Di film yang banyak menuai kritik dari penikmatnya ini, sang sutradara melakukan perombakan besar-besaran terhadap konsep dasar film Batman. Yang tadinya terkesan gothic dan gelap diubah menjadi colorful dan lebih mengarah ke kartunnya. Dengan penilaian bintang 5.4 di situs imdb, nampaknya Joel Schumacher harus mendapatkan evaluasi khusus perihal perombakan yang Dia lakukan.
            Di tahun 1997, melalui tangan  Sutradara yang sama dengan Batman Forever, Joel Schumacher, film layar lebar Batman & Robin terlahir. Sosok Robin cukup dieksploitasi di film ini, meski muncul di sekuel sebelumnya. Namun lagi-lagi penilaian yang didapatkan oleh film garapan sutradara Joel Schumacher ini, kurang mendapatkan tanggapan yang positif dari kritikus film. Di imdb misalnya, film ini hanya mampu bertengger di angka 3.6 di rating review. Rapor merah untuk sutradara Joel, dirasa sangat pantas oleh kritikus sekaligus penggemar film Batman di dunia.
            Setelah istirahat selama 8 tahun, film Batman untuk layar lebar yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Kali ini sutradara kawakan Christopher Nolan, diberi mandat untuk menggarap Batman Begins. Film yang rilis ditahun 2005 ini, mampu menyedot perhatian penggemarnya. Ini bisa jadi era baru dalam sejarah sekuel film Batman. Film Batman yang sebelumnya terpuruk di tangan Joel Schumacher, kini diperbarui dengan efek yang canggih. Menempati penilaian 8.3 di imdb, para kritikus film banyak menyanjung film superhero yang satu ini.
            Menyusul kesuksesan Batman Begins, 3 tahun setelahnya, The Dark Knight dirilis. Tak tanggung-tanggung, 8.9 poin penilaian di situs imdb berhasil dikantongi sekuel Batman kali ini. Dengan penilaian tersebut, The Dark Knight tidak terlalu susah untuk meraup keuntungan. Bahkan hingga kini, film ini bertengger di tangga ke-12 pada Box Office Ranking All The Time. Film karya tangan emas Christopher Nolan ini, adalah kali pertama film Batman tanpa “embel-embel” Batman di judulnya.
            Di tahun ini, sekuel batman debutan Christopher Nolan kembali dirilis. Dengan judul The Dark Knight Rises, film superhero ini telah menghiasi bioskop-bioskop di tanah air. Belum genap satu minggu sejak pemutaran perdananya, film ini sudah memperoleh penilaian yang luar biasa di imdb. Berpijak di angka 8.7 penilaian imdb, film ini seperti memiliki endorphin di mata penggemarnya.

Berikut adalah rekap rating Batman dari situs imdb.com


Judul Film
Rating imdb
Batman : The Movie
7.6
Batman Returns
7.0
Batman Forever
5.4
Batman & Robin
3.6
Batman  Begins
8.3
The Dark Knight
8.9
The Dark Knight Rises
8.7




Sumber data
·         Imdb.com

No comments:

Post a Comment